Program Studi Magister Pendidikan Biologi


VISI

Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Biologi Yang Profesional Dan Dinamis Berdasarkan Jati Diri PGRI Pada Tahun 2035

MISI

Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas PGRI Ronggolawe memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Biologi secara professional berbasis pada perkembangan IPTEKS dan jati diri PGRI
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang biologi dan pendidikan biologi untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan orisinal berbasis pada perkembangan IPTEKS
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian atau pemikiran-pemikiran yang inovatif mengikuti perkembangan IPTEKS dan jati diri PGRI
  4. Mengembangkan kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak di bidang IPTEKS
  5. Mengembangkan tata pamong dan tatakelola yang dinamis, akuntabel, untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, Program Studi Magister Pendidikan Biologi miliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri secara profesional dalam bidang pendidikan biologi, cerdas, religius, mandiri berlandaskan jati diri PGRI.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif di bidang biologi dan pendidikan biologi yang dapat memberikan sumbangan pada perkembangan IPTEKS.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi dan pendidikan biologi.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak secara professional dan saling menguntungkan
  5. Mewujudkan tata pamong dan tata kelola yang efektif, efisien, akuntabel dan dinamis sehingga terjadi peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

PROFIL LULUSAN

  1. Dosen S1 Pendidikan Biologi
  2. Pendidik Biologi di jenjang menengah (mampu merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran sesuai keilmuan pendidikan Biologi dengan pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media yang kreatif dan inovatif)
  3. Peneliti Pendidikan Biologi dan Biologi (Peneliti yang aktif menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan dalam skala nasional dan internasional).
  4. Konsultan di bidang pendidikan biologi

Capaian Pembelajaran

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 B. Penguasaan Pengetahuan

  1. menguasai esensi teori pedagogi untuk pengembangan pembelajaran biologi pada program sarjana pendidikan biologi (PSP Biologi)
  2. menguasai prinsip dasar pengembangan kurikulum biologi untuk PSP Biologi
  3. menguasai konsep, prinsip dan aplikasi TPACK untuk pengembangan pembelajaran biologi pada PSP Biologi
  4. menguasai prinsip dasar media pembelajaran dan teknologi informasi yang tepat untuk pengembangan pembelajaran biologi PSP Biologi
  5. menguasai lingkup bahan kajian biologi dan pengembangannya untuk pembelajaran biologi PSP Biologi
  6. menguasai prinsip pengembangan pengukuran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran biologi pada PSP Biologi
  7. menguasai teori dan prinsip-prinsip pengembangan kegiatan laboratorium untuk pembelajaran biologi pada PSP Biologi
  8. menguasai prinsip penelitian inovatif dan aplikasinya untuk memecahkan permasalahan pendidikan biologi
  9. menguasai tata cara publikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan dalam lingkup nasional dan internasional
  10. menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran, dan upaya pencegahannya

C. Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D. Keterampilan Khusus

  1. mampu menganalisis dan menyintesis berbagai teori pedagogi dan aplikasinya untuk inovasi pembelajaran biologi pada PSP Biologi.
  2. mampu menganalisis dan mengembangkan kurikulum dan pembelajaran biologi untuk sekolah maupun PSP Biologi.
  3. mampu menganalisis konsep-konsep esensial materi biologi untuk inovasi pembelajaran pada PSP Biologi
  4. mampu mengidentifikasi permasalahan lingkungan hidup serta alternatif solusinya sebagai sumber belajar biologi pada PSP Biologi
  5. mampu mengembangkan prinsip TPACK untuk pembelajaran biologi yang inovatif dan/atau futuristik.
  6. mampu mengembangkan pengukuran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran biologi untuk PSP Biologi.
  7. mampu merancang pembelajaran biologi berbasis riset untuk indoor maupun outdoor  laboratory
  8. mampu menganalisis permasalahan pendidikan biologi pada PSP Biologi
  9. Mampu merancang beberapa alternatif langkah memecahkan permasalahan pendidikan biologi di sekolah dan PSP Biologi dengan menerapkan berbagai metodologi penelitian yang tepat dengan pendekatan inter-atau multi-disiplin

E. Struktur Kurikulum dan Sebaran Mata Kuliah

Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Biologi diharuskan memprogram matakuliah sejumlah 38 SKS dengan rincian sebagai berikut: