Program Studi Magister Pendidikan Dasar


VISI

Menjadi Program Studi yang Unggul dan Profesional dalam Pengembangan Keilmuan Paedagogis di Pendidikan Dasar dengan Pendekatan Pembelajaran yang Inovatif dan Interdisipliner untuk Menghasilkan Lulusan yang Memiliki Kecakapan Hidup Abad 21.

MISI

Program Studi Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Ronggolawe memiliki misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Pendidikan dan pembelajaran magister Pendidikan dasar yang menginspirasi pengembangan keilmuan pedagogies melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interdisipliner dengan mengoptimalkan pemanfaaatan teknologi informasi dan komunikasi yang mengembangkan kecakapan hidup abad 21.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan dasar yang menghasilkan karya inovatif dan teruji serta mendapat pengakuan nasioanl maupun internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian atau pemikiran-pemikiran dalam bidang pendidikan dasar yang integrative dan inovatif mengikuti perkembangan ipteks dan kecakapan hidup abad 21.
  4. Membangun jejaring kerjasama program magister Pendidikan dasar yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam negeri maupun luar negeri.
  5. Mengembangkan tata pamong dan tata kelola program magister Pendidikan dasar yang dinamis, akuntabel, untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, Program Studi Magister Pendidikan Dasar memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri secara profesional dalam bidang pendidikan dasar, cerdas, religius, mandiri berlandaskan jati diri PGRI.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif di bidang pendidikan dasar yang dapat memberikan sumbangan pada perkembangan IPTEKS.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dasar.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak secara professional dan saling menguntungkan
  5. Mewujudkan tata pamong dan tata kelola yang efektif, efisien, akuntabel dan dinamis sehingga terjadi peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

PROFIL LULUSAN

  1. Dosen S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  2. Peneliti dalam bidang pendidikan dasar yang menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan dalam skala nasional atau internasional.
  3. Pendidik dalam bidang pendidikan dasar yang mampu mengembangkan teori, memecahkan masalah secara interdisipliner/multidisipliner dan menghasilkan karya inovatif bertaraf nasional/internasional dalam pendidikan dan pembelajaran.
  4. Konsultan dalam bidang pendidikan dasar

Capaian Pembelajaran

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 B. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendesain atau menghasilkan karya seni pendidikan di sekolah dasar;
  2. Menguasai konsep desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner bentuk proposal tesis;
  3. Mengevaluasi hasil pengembangan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner;
  4. Menentukan teori dan konsep bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar dalam penelitian dan menyusun tesis secara inter atau multidisipliner;
  5. Menerapkan kaidah penulisan ilmiah dalam menyusun karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam jurnal nasional terakreditasi;
  6. Menerapkan kaidah penulisan ilmiah dalam menyusun karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam forum internasional;
  7. Menguasai konsep validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  8. Menguasai konsep pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar untuk mengembangkan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  9. Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  10. Menerapkan prinsip dan proses pengambilan keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora;
  11. Menerapkan prinsip-prinsip dalam mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  12. Menerapkan prinsip-prinsip dalam mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

C. Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D. Keterampilan Khusus

  1. Mengembangkan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif;
  2. Mengembangkan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner bentuk proposal tesis melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif;
  3. Mempresentasikan hasil pengembangan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam kegiatan seminar secara logis, kritis, sistematis, inovatif dankreatif;
  4. Melaksanakan penelitian dan menyusun tesisbidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasarsecara inter atau multidisipliner dalam bentuk ujian tesis dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;
  5. Memublikasikan karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam jurnal nasional terakreditasi dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;
  6. Memublikasikan karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam forum internasional dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah;
  7. Menyusun dan memvalidasi instrumen yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan pendidikan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian;
  8. Mampu menyelesaikan permasalahan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif;
  9. Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar dalam bentuk karya ilmiah sesuai etika akademik;
  10. Mengomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar kepada masyarakat dalam berbagai media sesuai etika akademik;
  11. Mengidentifikasi bidang keilmuan yang akan diteliti dalam tesis dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin berdasarkan kajian jurnal ilmiah terindeks;
  12. Mampu memposisikan obyek penelitian tesis dalam suatu peta penelitian dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin berdasarkan hasil identifikasi kajian jurnal ilmiah terindeks;
  13. Mampu mengambil keputusan yang humanis dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar;
  14. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan dalam bentuk laporan praktik pembelajaran melalui kolaborasi dengan kolega dan sejawat di dalam lembaga;
  15. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan dalam bentuk laporan praktik pembelajaran melalui kolaborasi dengan komunitas pendidikan sekolah dasar;
  16. Mengidentifikasi kasus pendidikan di sekolah dasar, merancang pemecahan kasus, dan melaporkan secara mandiri berdasarkan pengalaman lapangan;
  17. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil kajian dan penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

E. Struktur Kurikulum dan Sebaran Mata Kuliah

Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Dasar diharuskan memprogram mata kuliah sejumlah 40 SKS dengan rincian sebagai berikut: